2020, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Beroperasi

2020, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Beroperasi
2020, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ditargetkan Beroperasi

jpnn.com - JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek kereta cepat atau sinkasen dapat dioperasikan pada tahun 2020.

Maka itu pihaknya terus berjuang untuk merealisasikan pembangunan kereta cepat dengan rute Jakarta-Surabaya, yang akan terintegrasi dengan Bandung. Untuk tahap pertama, pembangunan tersebut dilakukan untuk rute Jakarta-Bandung.

"Bulan Januari ini sudah melakukan studi, dilakukan sampai dengan 15 bulan ke depan. Untuk Jakarata-Bandung tahun 2020 sudah bisa dioperasikan, sesuai program kita," ujar Dirjen Perekeretaapian Kemenhub, Hermanto Dwiatmoko di Jakarta, Kamis (20/3).

Nantinya untuk tahap pertama pembangunan kereta cepat ini akan dibangun sepanjang 133 kilometer dari Jakarta-Bandung. "Dengan 133 km itu, waktu tempuhnya sekitar 37 menit, dengan tarif Rp 200 ribu," terang dia.

Mengenai tarif kereta cepat Jakarta-Bandung, menurut Hermanto tarif itu terbilang cukup ekonomis pada tahun 2020, bila dibanding tahun 2014.

Sementara untuk realisasi pembangunan kereta cepat rute Jakarta-Surabaya, Hermanto mengaku belum mengetahui lebih detail. "Nanti lebih detailnya baru bisa dilihat setelah pembangunan kereta cepat tahap pertama selesai," tukas dia. (chi/jpnn)


JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek kereta cepat atau sinkasen dapat dioperasikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News