2025, Pertamina Kuasai 80 Persen Pasar Petrokimia

2025, Pertamina Kuasai 80 Persen Pasar Petrokimia
2025, Pertamina Kuasai 80 Persen Pasar Petrokimia
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menargetkan penguasaan pasar petrokimia nasional hingga 80 persen pada 2025. Ini diyakini dapat tercapai melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional. Pada tahap awal, perusahaan migas milik pemerintah ini akan merealisasikan proyek pembangunan naphta cracker berkapasitas 1 juta ton per tahun dengan hasil produksi berbagai macam produk petrokimia unggulan.

"Proyek tersebut diperkirakan bakal memerlukan investasi tidak kurang dari USD 5 miliar," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya di Jakarta, Rabu (12/12).

Merealisasikan rencana itu, Pertamina telah meneken nota kesepahaman (MoU) dengan 3 perusahaan petrokimia multinasional, yakni SK Global Chemical, PTT Global Chemical, dan Mitsubishi Corporation, yang merupakan perusahaan petrokimia terkemuka di kawasan Asia.

Dalam 4 bulan sejak ditekennya MoU, Pertamina bakal menetapkan salah satu di antara ke-3 perusahaan yang memenuhi kriteria, terutama kemampuan dan kekuatan di bidang teknologi, jaringan bisnis, dan finansial, sebagai mitra usaha patungan untuk pembangunan naphta cracker.

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menargetkan penguasaan pasar petrokimia nasional hingga 80 persen pada 2025. Ini diyakini dapat tercapai melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News