2030, Grup MIND ID Targetkan Penurunan Emisi Karbon Capai 28 Persen

2030, Grup MIND ID Targetkan Penurunan Emisi Karbon Capai 28 Persen
Wakil Menteri 1 BUMN, Pahala Mansury (kedua dari kiri) saat menjadi pembicara dalam Side Event Presidensial G20, SOE International Conference. Foto dok BUMN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri 1 BUMN, Pahala Mansury menyampaikan pentingnya ketahanan dan kemandirian energi di Indonesia.

Kementerian BUMN telah menyiapkan strategi jangka pendek dan jangka menengah untuk melihat trend industri yang terus berkembang.

Hal itu disampaikan Pahala dalam Side Event Presidensial G20, SOE International Conference, yang digelar oleh Kementerian BUMN dengan mengusung tema Driving Sustainable and Inclusive Growth.

“Kementerian BUMN telah menyiapakan setidaknya lima inisiatif demi menjaga ketahanan energi, yaitu dengan membangun energi baru dan terbarukan, energi transisi, membangun ekosistem EV di Indonesia, carbon offset, dan membangun industri yang lebih hijau," papar Pahala.

Kebijakan dan strategi ini sejalan dengan Sustainability pathway yang telah dirumuskan oleh Grup MIND ID. MIND ID bersama dengan anggotanya, yakni PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk untuk terus berkomitmen mempercepat dan mendukung Transisi Energi segera terwujud.

Dalam konteks membangun Ekosistem EV, Grup MIND ID mendukung penuh dan berperan aktif dalam mewujudkannya.

Hal ini terwujud dari inisiasi MIND ID yang telah menandatangani MoU bersama dengan Arrival Ltd dengan menujuk PT Indonesia Baterai Company (IBC) untuk join studi pengembangan microfactory EV di Asia Pasific.

Tercatat sepanjang 2021 hingga 2022, Grup MIND ID telah mengimplementasikan program–program carbon reduction dan carbon offset yang bisa mengurangi emisi GRK sejumlah lebih dari 400 ribu ton C02e atau sebesar 28% dari target pengurangan emisi pada 2030.

Kebijakan dan strategi ini sejalan dengan Sustainability pathway yang telah dirumuskan oleh Grup MIND ID. MIND ID bersama dengan anggotanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News