22 Juli, Latihan Tes CPNS di Kampus USU

22 Juli, Latihan Tes CPNS di Kampus USU
22 Juli, Latihan Tes CPNS di Kampus USU

jpnn.com - JAKARTA - Para peminat kursi CPNS 2014 disarankan mengikuti acara latihan tes CPNS yang digelar di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, pada 22 Juli 2014 mendatang.

Sejumlah keuntungan akan didapat jika mengikuti acara yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) ini.

Pertama, agar peserta tes nantinya tidak gagap teknologi alias gaptek, lantaran di sana nantinya juga digelar simulasi Computer Assisted Test (CAT). Seperti sudah sering diberitakan, tes kompetensi dasar (TKD) CPNS yang mulai digelar Agustus 2014 semuanya akan menggunakan sistem CAT.

"Jadi silakan ikut simulasi CAT ini, gratis. Untuk di Medan akan kami gelar di kampus USU pada tanggal 22 Juli," terang Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman kepada JPNN, kemarin (3/7).

Keuntungan kedua, para peserta bisa mengetahui kisi-kisi soal yang akan diujikan saat tes CPNS. Sehingga persiapan belajarnya lebih fokus. Materi TKD terdiri dari 3 kelompok soal. Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Sedangkan kelompok kedua adalah karakteristk pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan lain-lain. Adapun kelompok soal ketiga adalah intelegensia umum, yang, meliputi  kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.

"Di sana nanti juga akan dilakukan talk show untuk memberikan penjelasan mengenai berbagai kemudahan seleksi CPNS tahun 2014 ini," ujar Herman.

Keuntungan ketiga, peserta bisa mengetahui kemampuan dirinya sendiri dalam mengerjakan soal tes. Pasalnya, simulasi CAT bisa langsung diketahui nilai tes, memenuhi passing grade atau tidak.

JAKARTA - Para peminat kursi CPNS 2014 disarankan mengikuti acara latihan tes CPNS yang digelar di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Medan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News