23 Mahasiswa asal Banyuwangi Memilih Pulang dari China dengan Biaya Sendiri

23 Mahasiswa asal Banyuwangi Memilih Pulang dari China dengan Biaya Sendiri
Para mahasiswa yang pulang dari China. Foto: Pojokpitu

jpnn.com, BANYUWANGI - Sebanyak 23 mahasiswa asal Banyuwangi yang berkuliah di China memilih pulang karena wabah virus corona.

Mereka pulang ke Indonesia dengan biaya pribadi karena desakan orang tua yang khawatir bahaya virus mematikan tersebut.

Mahasiswa yang berkuliah di Nanjing University Information Science Technology (NUIST) dan Ningbo University Of Technology (NBUT) sudah tiba di Banyuwangi.

Untuk sementara waktu, mereka memilih belajar di Lembaga Pembelajaran di Banyuwangi yang memfasilitasi mendapatkan beasiswa menempuh pendidikan ke luar negeri.

Faris Azhar mahasiswa Nanjing University menceritakan, selama di China, merasakan bagaimana ketatnya pengamanan agar virus corona tidak semakin menyebar luas.

"Setiap ada tamu yang keluar masuk kampus atau asrama akan di cek dulu suhu tubuhnya. Sekaligus didata identitasnya. Bahkan untuk mahasiswa yang ada di dalam kampus sudah tidak diperkenankan berinteraksi dengan mahasiswa lain, maupun warga yang berasal dari Wuhan. Penjagaan ekstraketat untuk memastikan para mahasiswa yang ada tidak sampai terkontaminasi virus corona," ujar Faris.

Dia menambahkan kondisi jalan raya di sana juga sudah mulai sepi karena pengetatan pengamanan.

"Karena situasi dan kondisi yang memaksa kami untuk memilih pulang kampung, daripada harus terisolasi di dalam kampus," kata Faris.

Para mahasiswa Indonesia yang sedang mendapat beasiswa di China memilih pulang ke Indonesia karena wabah corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News