2,5 Juta Penduduk Kuasai 70 Persen Aset Nasional

2,5 Juta Penduduk Kuasai 70 Persen Aset Nasional
2,5 Juta Penduduk Kuasai 70 Persen Aset Nasional

jpnn.com - ‪PALU - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menilai membaiknya pertumbuhan ekonomi yang dikemukakan pemerintah, belum dinikmati masyarakat.

Karena buktinya satu persen atau 2,5 juta penduduk Indonesia menguasai 70 persen lahan dan aset nasional. Sementara 99 persen rakyat Indonesia hanya menguasai 30 persen aset nasional.‬

‪"Data inilah yang membuktikan rakyat Indonesia tidak turut menikmaati pertumbuhan ekonomi," ujarnya saat berceramah di Pesantren Al Khairat, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa, (11/2).

Dengan fakta ini, kata Mahfud, maka sangat jelas terlihat kalau penikmat pertumbuhan ekonomi hanya segelintir kelompok elite tertentu. Mereka terdiri dari konglomerat dan pejabat negara korup yang sampai saat ini belum tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

‪"Para koruptor yang tertangkap KPK itu kan hanya yang apes saja. Para koruptor yang tak tertangkap masih lebih banyak lagi," ujar kader Nahdlatul Ulama asli Madura itu.

‪Menurut Mahfud, ada dua cara agar pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia.

Pertama, ubah halauan kebijakan ekonomi yang selama ini berorientasi liberal new clasic yang lebih banyak menguntungkan investor asing dan kelompok konglomerat, ke arah kebijakan ekonomi dengan roh dan semangat UUD 1945, khususnya Pasal 33.‬

‪"Bukan berarti anti asing dan anti konglomerat atau anti pasar. Asing, konglomerat dan pasar harus terus tumbuh di negeri ini. Tapi rakyat yang berada di bawah dan yang ada di tengah harus menikmati pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

‪PALU - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menilai membaiknya pertumbuhan ekonomi yang dikemukakan pemerintah, belum dinikmati masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News