275 Ribu KK TNI tak Punya Rumah

275 Ribu KK TNI tak Punya Rumah
275 Ribu KK TNI tak Punya Rumah
JAKARTA -- Jumlah anggota TNI yang tidak memiliki rumah sampai saat ini mencapai 275 ribu kepala keluarga (KK). Jika setiap tahun yang terbangun hanya 3 ribu unit rumah, berarti butuh 91 tahun untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Demikian diungkapkan Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa kepada wartawan usai meresmikan Rusunawa Kodam Jaya, Kamis (17/2).

Dikatakannya, pembangunan rumah susun (rusun) merupakan salah satu cara mengatasi masalah kekurangan perumahan untuk TNI khususnya TNI Angkatan Darat. Mengingat jumlah rumah dinas yang ada tidak sebanding dengan jumlah prajurit TNI yang ada.

“Kalau Kemenpera tidak melibatkan diri dalam pembangunan perumahan bagi prajurit TNI sampai 2012, bisa dipastikan pemenuhan perumahan untuk TNI dapat terpenuhi dalam waktu 52 tahun. Jadi peran Kemenpera adalah mempersingkat waktu pemenuhan rumah prajurit,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan menggunakan pola penghunian kepemilikan rumah dan memanfaatkan dana yang ada pada Tabungan Wajib Prajurit, Asabri, dan YKPP, maka seorang prajurit bisa mendapatkan rumah sekitar 18 tahun. Prajurit TNI juga bisa ikut memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang suku bunganya terjangkau dan cicilan rendah.

JAKARTA -- Jumlah anggota TNI yang tidak memiliki rumah sampai saat ini mencapai 275 ribu kepala keluarga (KK). Jika setiap tahun yang terbangun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News