2.788 Program Studi PT Kadaluarsa

2.788 Program Studi PT Kadaluarsa
2.788 Program Studi PT Kadaluarsa
JAKARTA - Ribuan program studi (prodi) di perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) belum melakukan reakreditasi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) mencatat dari 7.567 prodi yang terdaftar, sebanyak 2.788  prodi yang sudah kadaluarsa.

Menteri Pendidikan Nasional (mendiknas) M. Nuh mengakui, tidak semua prodi di PT disiplin melakukan reakreditasi. Nuh mengatakan, lama akreditasi setiap prodi berbeda-beda. Mulai dari tiga hingga lima tahun. "Tergantung kemampuan prodi untuk melakukan perbaikan dan merubah statusnya. Dari B ke A atau dari C ke B," jelasnya.

Kata Nuh, enam bulan sebelum masa akreditasi prodi berakhir seharusnya pihak fakultas dan penanggungjawab prodi aktif mengajukan reakreditasi. "Tapi kenyataannya banyak juga yang masih menunda," ujar Nuh saat ditemui di Jakarta, kemarin.

Mantan rektor ITS Surabaya itu menegaskan, sekitar 36 persen prodi yang tidak melakukan reakreditasi memang menjadi prioritas kedua. Pasalnya, kemendiknas lebih memprioritaskan prodi yang belum pernah mengantongi akreditasi sebelumnya. "Jadi kami utamakan prodi yang belum pernah memiliki akreditasi sama sekali," terangnya.

JAKARTA - Ribuan program studi (prodi) di perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) belum melakukan reakreditasi. Badan Akreditasi Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News