2.849 Ha Jagung Terancam Gagal Panen

2.849 Ha Jagung Terancam Gagal Panen
2.849 Ha Jagung Terancam Gagal Panen
SOE- Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), Otnial Neonane mengatakan sedikitnya 2.849 hektare lahan perkebunan jagung milik warga terancam gagal panen. Perkebunan jagung itu tersebar di 38 desa meliputi kecamatan Amanuban Selatan, Kualin, Kolbano, Kuanfatu, Noebeba, Kot'olin dan Nunkolo. Ancaman gagal panen tersebut disebabkan karena cuaca yang tidak mendukung berupa kekeringan sehingga pertubuhan tanaman jagung mengalami kerusakan.

Dikatakan meskipun tujuh kecamatan dinyatakan teracam gagal panen tahun ini, namun Kabupaten TTS belum dapat dinyatakan rawan pangan. Sebab, luas taman di TTS tahun ini 62.552 Ha  dan target atau estimasi panen sementara 55.745 Ha sedangkan lahan yang terancam gagal panen hanya seluas 2.849 Ha.

"Pemerintah mengimbau warga untuk menanam kacang-kacangan dan ubi-ubian dengan memanfaatkan curah hujan yang ada. Sehingga masih bisa menghasilkan jika perkebunan jagungnya tidak bisa dipanen," kata Otnial Neonane. 

Sementara itu, Camat Amanuban Selatan, Alberd Nabuasa yang dikonfirmasi Timor Express (JPNN Grup) kemarin membenarkan terjadi kekeringan di wilayahnya. Daerah perkebunan jagung yang terancam gagal panen adalah Desa Noemuke.

SOE- Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), Otnial Neonane mengatakan sedikitnya 2.849 hektare lahan perkebunan jagung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News