3 Angin Puting Beliung Muncul Bersamaan di Kepulauan Seribu

3 Angin Puting Beliung Muncul Bersamaan di Kepulauan Seribu
Tiga angin puting beliung tampak di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (23/10) pagi. Foto: BNPB for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Fenomena tiga angin puting beliung muncul secara bersamaan di perairan Karang Lebar, Kelurahan Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Senin (23/10) pukul 9.00.

Fenomena kemunculan puting beliung meningkat saat musim pancaroba. Adanya perbedaan temperatur yang kontras antara permukaan daratan, perairan dan atmosfer menyebabkan adanya perbedaan tekanan udara sehingga terbentuk puting beliung.

“Ini adalah fenomena yang langka di mana tiga puting beliung berjejeran secara bersamaan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Senin (23/10).

Apalagi, lanjut Sutopo, di wilayah tropis fenomena tersebut jarang terjadi. Nah, kata Sutopo, ini semakin menunjukkan bahwa iklim telah berubah akibat dari rusaknnya lingkungan dan keseimbangan sistem bumi.

3 Angin Puting Beliung Muncul Bersamaan di Kepulauan Seribu

Tiga angin puting beliung tampak di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (23/10) pagi. Foto: BNPB

Puting Beliung terjadi di dekat Pulau Opak, di belakang Pulau Kaliage yang merupakan pulau yang tidak berpenduduk. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan. “Ekor puting beliung berputar di sekitar perairan sehingga menimbulkan gelombang kecil di laut,” katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait melalui pusat data dan informasi kebencanaan dan call center Jakarta Siaga 112. “Kondisi normal dan aktivitas masyarakat berjalan dengan aman,” ujarnya.

Fenomena kemunculan puting beliung meningkat saat musim pancaroba.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News