3 Capres Beradu di UGM, Pakar: Gagasan Anies Lebih Segar, Menawarkan Kebaruan

3 Capres Beradu di UGM, Pakar: Gagasan Anies Lebih Segar, Menawarkan Kebaruan
Pengamat politik dari Universitas Padjajaran Kunto Adi Wibowo memprediksi tren peningkatan elektabilitas Anies Baswedan di Jawa Timur akan terus terjaga hingga hari pemilihan Pemilu 2024. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, BANDUNG - Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan dinilai berhasil membawakan gagasan-gagasan yang cukup segar (fresh) dan memiliki kebaruan karena tawaran kesetaraan dan keadilan saat tampil di acara 3 Bacapres Adu Gagasan di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (19/9) malam.

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Kunto Adi Wibowo menjelaskan bahwa gagasan yang cukup segar itu perlu lebih dikaitkan dengan kondisi saat ini.

"Menurut saya gagasan Mas Anies cukup fresh ya, menyegarkan. Mungkin ini yang dibutuhkan pemilih di Indonesia saat ini, yaitu tawaran-tawaran baru,” ujarnya.

Dia menilai gagasan baru tersebut membuat kondisi tidak stuck (terjebak) dengan apa yang telah dilakukan oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya.

"Setelah sampai di sini, mau melompat ke mana dan akan ke mana dan apa yang perlu diperbaiki kemarin. Gagasan anies lebih segar, menawarkan novelty (kebaruan) daripada hanya ide-ide yang hanya sifatnya karikatif (menyenangkan)," katanya.

Saat memaparkan gagasannya di depan civitas akademika UGM, Anies menegaskan, payung utama atas seluruh gagasannya adalah kesetaraan dan keadilan. Pasalnya, jika keadilan diterapkan di seluruh sektor, maka kian mempererat persatuan untuk menuju bangsa yang adil, maju, dan sejahtera.

Anies juga menyampaikan 5 gagasan utama yakni, kesetaraan dalam akses kesehatan, kesetaraan pendidikan, kesetaraan lapangan pekerjaan bagi semua, keterjangkauan dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok, dan penegakan hukum.

Di samping itu, Kunto mengapresiasi 3 bakal capres yang memiliki keberanian, kemauan untuk adu gagasan serta mempunyai komitmen untuk mengisi pemilu penuh dengan gagasan, bukan hanya pencitraan semata.

Ini kata pakar ilmu politik soal penampilan Anies Baswedan di acara 3 Bacapres Adu Gagasan yang digelar UGM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News