3 Cara Mudah Mengatasi Mual

3 Cara Mudah Mengatasi Mual
Mual. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Mual tidak hanya menyerang ibu yang sedang hamil atau orang yang sedang melakukan perjalanan. Mual bisa menyerang siapa saja dan dalam kondisi apa saja. Mengatasi mual dengan cara-cara yang tepat perlu dilakukan jika Anda tidak ingin kondisi ini berlanjut dan membuat Anda ingin muntah.

Jika Anda perhatikan ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa mual. Mulai dari pergerakan tubuh pada lingkungan sekitar, jenis makanan tertentu, obatan-obatan, sampai efek dari kondisi kesehatan tertentu. 

Selain membuat tubuh terasa tidak nyaman, rasa mual yang disertai keinginan untuk muntah juga bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Namun, jangan kadung khawatir! Ada beberapa tips yang dibagikan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter untuk mengatasi rasa mual tanpa harus menggunakan pengobatan medis.

1. Miliki pola makan yang teratur 
Pada umumnya, mual itu disebabkan oleh adanya gangguan di saluran cerna, khususnya di lambung. “Nah, karena yang gampang melar dan terisi gas itu lambung, jadi cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan makan yang teratur, ” ujar dr. Sepriani. 

Dokter Sepriani menganjurkan agar Anda makan setidaknya tiga kali dalam sehari yang diselingi oleh dua kali camilan. Namun, bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan, dr. Sepri menganjurkan agar makan lebih banyak setidaknya 6 kali dalam sehari (setiap 4 jam sekali), tapi dengan porsi yang sedikit. Ini berguna agar usus bisa mencerna makanan dengan lebih baik tanpa ada sumbatan. 

2. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa mual adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang mengandung gas tinggi. Misalnya, kubis, kol, singkong.

“Jenis makanan itu sebaiknya dihindari dulu kalau lagi mual-mual. Lalu hindari juga minuman yang bersoda atau mengandung kafein tinggi seperti kopi dan teh,” ujar dr. Sepriani. 

Mual bisa menyerang siapa saja dan dalam kondisi apa saja. Mengatasi mual dengan cara-cara yang tepat perlu dilakukan jika Anda tidak ingin kondisi ini berlanjut dan membuat Anda ingin muntah.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News