3 Jasad Korban Longsor Cipongkor Bandung Ditemukan, 7 Orang Masih Hilang

3 Jasad Korban Longsor Cipongkor Bandung Ditemukan, 7 Orang Masih Hilang
Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan saat mengevakuasi korban tertimbun material longsor di Kampung Gintung, Desa Cicendo, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (26/3/2024). (ANTARA/HO-BPBD Bandung Barat)

jpnn.com, BANDUNG - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan menemukan tiga jasad korban yang tertimbun material longsor di Kampung Gintung, Desa Cicendo, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Meidi mengatakan tiga jasad korban tersebut langsung dibawa menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin untuk dilakukan identifikasi oleh tim DVI dan Inafis Polda Jabar.

"Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi jasad tiga korban longsor, terdiri atas dua laki-laki dan satu perempuan,” kata Meidi, Selasa.

Dia mengatakan pihaknya kini terus melanjutkan pencarian tujuh korban lainnya yang masih tertimbun.

“Kami melakukan pencarian hingga pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan besok pukul 07.00 WIB kami sudah siap kembali untuk melakukan pencarian,” kata dia.

Meidi menyampaikan bahwa area yang terdampak tanah longsor cukup luas dan faktor geografis alam yang curam membuat tim SAR gabungan cukup kesulitan untuk menemukan para korban di area tersebut.

“Area berada di ketinggian 150 meter antara 60-70 derajat, tingkat kemiringannya cukup curam. Otomatis risiko tersebut tidak bisa memaksimalkan alat canggih yang dimiliki, sehingga kami memakai tenaga manusia yang ada," katanya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat sudah menetapkan status tanggap darurat bencana tanah longsor selama 14 hari, pada 25 Maret-14 April 2024.

Tim SAR gabungan menemukan tiga jasad korban yang tertimbun material longsor di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News