JPNN.com

3 Jenis Makanan ini Harus Dihindari Penderita Sakit Mag

Jumat, 05 April 2019 – 23:30 WIB 3 Jenis Makanan ini Harus Dihindari Penderita Sakit Mag - JPNN.com

jpnn.com - Pola makan dan diet yang Anda jalani bisa berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan saluran cerna. Di satu sisi, apa yang Anda konsumsi mampu menyembuhkan kondisi yang Anda alami, namun bisa juga memperparah.

Untuk Anda yang memiliki sakit mag, penting sekali untuk memperhatikan asupan sehari-hari agar keluhan tak sering kambuh.

Mag, atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Mag dibedakan menjadi mag akut dan kronis. 

Mag akut dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu (golongan OAINS), infeksi bakteri (paling sering H. pylori), virus, jamur, dan parasit.

Selain itu, mag yang akut juga bisa dipicu oleh stres, paparan radiasi, ataupun konsumsi alkohol. Sedangkan mag kronis bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri dan virus, penyakit autoimun, penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, refluks cairan empedu, dan lainnya.

Beberapa jenis makanan jika dikonsumsi oleh penderita sakit mag, justru bisa memperparah gejala. Untuk itu, bagi penderita sakit mag, sebaiknya pantang menyantap makanan ini:

1. Makanan pedas dan asam

Meskipun makanan pedas tidak secara langsung menyebabkan mag, mereka bisa memicu dan memperparah gejala mag Anda. Ketika masuk ke saluran pencernaan, makanan pedas dapat mengiritasi lapisan mukosa lambung.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...