3 Jurus Kementan Antisipasi Krisis Pangan Global

3 Jurus Kementan Antisipasi Krisis Pangan Global
Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Ali Jamil (baju putih). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Dunia saat ini sedang dilanda krisis pangan global.

Indonesia sebagai salah satu negara yang punya andil terhadap pangan dunia berkomitmen untuk berkontribusi terhadap keberlangsungan pangan bagi masyarakat.

Merujuk hal tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) sejak beberapa tahun terakhir melaksanakan berbagai program. Di antaranya The Development of Integrated Farming System in Upland Area (Upland).

Upland adalah program kerja sama antara Indonesia dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Lewat Upland, ribuan petani yang melaksanakan aktivitas pertaniannya di dataran tinggi, amat terbantu.

Fokus dari kegiatan Upland ini ialah pengembangan pertanian yang komprehensif dari on-farm sampai dengan off-farm berdasarkan value chain.

“Value chain ini bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani di daerah dataran tinggi,” ujar Syahrul dalam sambutannya pada acara pembukaan workshop bertajuk ‘Mensiasati Krisis Pangan Global dengan Meminimalisir Risiko Produksi Pangan Melalui Pembiayaan Pertanian’ di Jakarta, Rabu (5/10).

“Caranya melalui pengembangan infrastruktur lahan dan air, pengembangan sistem agribisnis dan penguatan sistem kelembagaan,” lanjutnya.

Untuk menghadapi krisis pangan global saat ini terdapat tiga strategi utama yang akan dijalankan oleh Kementan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News