3 Juta Dosis Vaksin Moderna Siap Pakai Tiba di Indonesia

3 Juta Dosis Vaksin Moderna Siap Pakai Tiba di Indonesia
Vaksin Covid-19. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mendatangkan 3.000.060 dosis vaksin siap pakai merek Moderna pada Minggu (11/7).

Vaksin Moderna itu dibawa Pesawat Qatar Airways dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 12.25 WIB.

Secara keseluruhan, kedatangan vaksin ini merupakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-20 sejak 6 Desember 2020.

"Pada hari ini, Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, hubungan kerja sama internasional dari Pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facility," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya secara virtual.

Kedatangan vaksin ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Vaksin Moderna yang berbasis mRNA ini telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2 Juli 2021.

Retno menyampaikan terima kasih kepada pihak Amerika Serikat atas komitmen dan dukungannya dalam memberikan dosis berbagi vaksin kepada Indonesia sejumlah 4.500.160 dosis.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan yang tulus atas dukungan ini melalui mekanisme pembagian dosis vaksin, terima kasih juga kami sampaikan kepada Covax Facility, WHO, Gavi, Cepi, dan Unicef," ucap Retno kepada Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim.

Pemerintah mendatangkan 3.000.060 dosis vaksin siap pakai merek Moderna dari Amerika Serikat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News