3 Karya Siswa SMK Diusulkan Kantongi Hak Paten

3 Karya Siswa SMK Diusulkan Kantongi Hak Paten
3 Karya Siswa SMK Diusulkan Kantongi Hak Paten
JAKARTA -  Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Joko Sutrisno mengungkapkan, terdapat beberapa karya siswa SMK yang tengah diusulkan untuk mendapatkan hak paten atau hak cipta dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementrian Hukum dan HAM. Karya yang akan dipatenkan itu di antaranya mesin pembuat batik, design mobil Esemka, serta Bus Panggung.

 

Joko menjelaskan, mesin pembuat batik yang dibuat oleh SMK 4 Jakarta dirancang untuk membuat pola batik agar lebih efisien. Proses pembuatan pola yang biasanya memakan waktu berhari-hari, dapat diselesaikan mesin ini hanya dalam dua jam.

“Kualitasnya sama baiknya dengan kualitas batik tulis. Hanya saja, ini menggunakan mesin, kalau yang tradisional pakai tangan,” terang Joko ketika ditemui di sela acara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Selasa (22/11).

 

Selain itu, SMK di tahun 2012 mendatang juga berencana untuk meluncurkan inovasi terbaru, yakni Bus Panggung yang panjangnya mencapai 14 meter. Bus Panggung yang sengaja didesain untuk dapat digunakan sebagai panggung konser atau acara musik lainnya juga akan diusulkan mendapatkan hak paten dari HKI.

 

JAKARTA -  Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Joko Sutrisno mengungkapkan, terdapat beberapa karya siswa SMK yang tengah diusulkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News