Bayi Kembar Siam, Doakan Semoga Sukses Operasinya

3 Kelainan Diderita Bayi Jumani

3 Kelainan Diderita Bayi Jumani
KEMBAR SIAM - Hanya kode angka sebagai pembeda yakni Jumani (1) dan Jumani (2) itu begitu tenang dan terlelap.Foto Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Menurut hasil sementara babygram atau observasi dari tim kembar siam RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur memastikan bahwa bayi kembar siam (Omphalopagus) atau dempet tali pusar berjenis kelamin perempuan.

Pasien rujukan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Amanah, Probolinggo mengalami tiga kelainan.

Ketiga jenis kelainan bisa saja mengancam jiwa bayi.

Namun, tim dokter kembar siam masih telaten mengamati kondisi bayi.

Ketua Tim Bayi kembar siam RSUD Dr Soetomo, dr. Agus Harianto menjelaskan bahwa bayi kembar siam ke-81 yang ditangani RSUD mengalami infeksi tali pusar (ompalitis), kaki kebiruan (hematom) pada salah satu bayi, dan (distended) atau pembengkakan perut yang diakibatkan dari akumulasi gas pada usus kedua bayi.

Itu karena bayi tidak memiliki anus.

”Kelainan-kelainan itu telah diketahui setelah melalui proses babygram tadi malam (Jumat malam), jika tidak langsung ditangani maka dapat mengancam jiwa kedua bayi kembar siam itu,” kata dr. Agus Harianto seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Minggu (25/12).

Kondisi awal datang, dijelaskan Agus, kedua bayi kembar siam yang lahir pada 21 Desember 2016, mengalami demam hingga 39 derajat celcius, hipertensi pada paru-paru yang mengancam pernapasan.

JPNN.com - Menurut hasil sementara babygram atau observasi dari tim kembar siam RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur memastikan bahwa bayi kembar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News