Keren! 131 Tim Medis RSAB Harapan Kita Menyelesaikan Operasi Pemisahan Kembar Siam

Keren! 131 Tim Medis RSAB Harapan Kita Menyelesaikan Operasi Pemisahan Kembar Siam
Naifa dan Nayyara. Foto: Tangkapan Layar Konferensi Pers, Senin (12/4)

jpnn.com, JAKARTA - Tim dokter Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita berhasil melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Naifa dan Nayyara.

Menurut Direktur Utama RSAB Harapan Kita Didi Danukusumo operasi pemisahan dilakukan pada 10 dan 11 April akhir pekan lalu.

"Dokter spesialis yang terlibat ada 39 orang dan jumlah tim keseluruhan ada 131," kata Didi dalam konferensi pers yang digelar secara daring pada Senin (12/4).

Tim yang melakukan operasi selama 25 jam ini terdiri dari dokter spesialis dan sub spesialis dari RSAB Harapan kita RS Kanker Dharmais, RS Cipto Mangunkusumo, RS Carolus, RS Adhyaksa, dan Pusat Kesehatan TNI.

Operasi untuk kembar berusia 14 bulan itu dilakukan pada Sabtu (10/4) pukul 07.00 WIB hingga Minggu (11/4/2021) pukul 08.00 WIB.

Sementara itu, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) Alexandra menjelaskan kelainan yang dialami Naifa dan Nayyara dan tingkat kesulitan yang dirasakannya.

"Kelainannya adalah dempet di daerah tulang ekornya. Itu bukan sesuatu yang mudah. Kasus ini adalah kasus pertama buat kami," terang Alexandra.

Naifa dan Nayyara mengalami penempelan tulang ekor dan medula spinalisa. Dua balita itu hanya memiliki satu anus tapi terdapat dua rectum.

Direktur Utama RSAB Harapan Kita Didi Danukusumo mengungkapkan bahwa tim dokter telah berhasil melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Naifa dan Nayyara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News