3 Kiat Sehat Menyeduh Teh

3 Kiat Sehat Menyeduh Teh
Teh tulsi. Foto: Thinkstock

jpnn.com - Minum teh memang baik untuk kesehatan, meski begitu Anda harus tahu bagaimana menyeduhnya supaya manfaatnya tidak hilang. Sebab, bila cara menyajikan teh salah, Anda bisa kehilangan manfaat dari teh itu sendiri.

Tips sehat menyeduh teh

Setelah mengetahui manfaat yang ditawarkan dari minum teh yang dapat memperpanjang usia dan baik untuk kesehatan, ketahui dahulu bagaimana menyeduh teh yang lebih sehat.

1. Cobalah untuk menghindari pembelian teh botolan atau teh yang mengandung pemanis tambahan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menikmati manfaat dari minum teh secara maksimal, seperti meningkatkan angka harapan hidup alias memperpanjang usia.

Selain itu, usahakan untuk menyeduh teh buatan sendiri di rumah, baik dalam keadaan panas atau dengan menambahkan es untuk hari-hari yang lebih segar.

2. Jangan lupa untuk merendam teh dalam air panas atau mendidih selama 4-5 menit. Bagi para penggemar teh hijau mungkin perlu menurunkan sedikit suhunya dan membiarkan teh diseduh selama 4-15 menit. Semakin lama teh direndam air panas, akan semakin kuat rasanya. 

3. Usahakan untuk tidak menambahkan zat aditif, seperti gula, krim, atau susu. Zat aditif seperti itu biasanya dapat mengurangi kandungan polifenol pada teh.

Karena itu, teh polos yang tidak memiliki banyak zat tambahan jauh lebih sehat. Anda bisa menambahkan vanilla atau kayu manis agar teh terasa lebih manis. 

Minum teh memang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat memperpanjang usia.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News