3 Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Jangan Anggap Remeh!

3 Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Jangan Anggap Remeh!
Menjaga kesehatan mata. Foto: klikdokter

jpnn.com, JAKARTA - Tingginya angka gangguan penglihatan di Indonesia masih didominasi oleh kelainan refraksi. Menurut dr Marjasa Dicky Sp.M kelainan refraksi ini sebagai penyebab terbanyak. Sedangkan penyakit katarak sebagai penyebab utama kebutaan.

"Mata merupakan salah satu organ tubuh yang harus dijaga fungsinya dengan baik. Makin dini memelihara fungsi penglihatan maka akan lebih banyak pula manfaat yang didapatkan," kata Dokter Marjasa dalam edukasi bincang sehat memperingati Hari Penglihatan Sedunia setiap 14 Oktober.

Makin peduli pada pentingya kesehatan mata, otomatis faktor penyebab penyakit mata bisa dilalui.

Dokter spesialis mata di Siloam Hospitals Lippo Cikarang ini melanjutkan, mengacu pada data badan dunia, International Agency for Prevention of Blindness (IAPB) menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan tindakan sebagai berikut:

1. Pencegahan

Salah satunya mengubah gaya hidup dengan mengatur pola makan sehat dan berolahraga teratur.  

2. Perlindungan mata

Sebaiknya menggunakan kacamata hitam saat terik matahari ataupun menggunakan kaca pelindung mata ketika bekerja dengan risiko tinggi.

"Termasuk pemeliharaan mata dengan mengistirahatkan organ mata saat lelah," terang Dokter Marjasa.

3. Prioritas 

Dengan terjadwal dan secara berkala melakukan  pemeriksaan mata ke dokter spesialis. Dokter Marjasa memaparkan sebagai negara kepulauan, peningkatan fasilitas kesehatan masyarakat menjadi tantangan tersendiri.

Menjaga kesehatan mata sering diabaikan masyarakat, padahal menurut dokter spesialis mata Marjasa Dicky risikonya fatal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News