JPNN.com

3 Langkah Preventif Pencurian Pelek Mobil di Parkiran

Selasa, 11 Februari 2020 – 15:06 WIB 3 Langkah Preventif Pencurian Pelek Mobil di Parkiran - JPNN.com
Korban berbincang dengan sejumlah saksi saat mengetahui ban mobil bagian kanan belakangnya hilang dicuri. Foto: ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

jpnn.com, JAKARTA - Belakang ini kejahatan terkait pencurian pelek mobil di Jabodetabek membuat sebagian masyarakat resah. Kehilangan pelek orisinal jelas membuat kerugian materi tidak sedikit. Belum lagi risiko kerusakan di kaki-kaki karena mobil dipaksa berdiri tanpa adanya topangan roda.

Terkait fenomena tersebut, Asuransi Astra pengin berbagi langkah-langkah preventif agar pelek mobil tidak mudah dicuri.
 
Pertama, ganti kepala nut menjadi bentuk yang tidak lazim, seperti bentuk kembang atau kotak dalam. Bila ingin lebih aman, bisa juga gunakan nut terkunci.

Model ini biasa digunakan untuk ban cadangan yang digantung di belakang mobil. Adapun harga yang ditawarkan mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 100.000.

Kedua, pengguna dapat mencoba untuk mengaktifkan kembali alarm guncangannya. Sehingga, ketika mobil terguncang saat oknum hendak melepas pelek, alarm mobil akan berbunyi.
 
Ketiga, pengguna juga harus memperhartikan lokasi parkir mobil. Disarankan untuk memarkir mobil di lokasi yang aman dan terpantau dengan baik, misalnya ada security atau petugas keamanan yang terlihat di tempat parkir.

Kemudian, cari area parkir yang dilengkapi dengan pengawasan CCTV. Biasanya pelaku pencurian enggan melakukan aksinya di area yang mudah terlihat oleh orang.

SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra, Iwan Pranoto, mengatakan proses pelepasan pelek bisa memakan waktu yang cukup lama. Iwan menyarakan agar pemilik mobil lebih berhati-hati dalam memilih lokasi parkir mobil.  

"Kami menyarakan agar pemilik mobil mencari lokasi yang aman dan dapat terpantau jelas oleh orang-orang. Jika tidak pencurian pelek bisa menggunakan alat impact wrench, karena akan mempermudah dan mempercepat dalam proses pelepasan ban," ujar Iwan dalam keterangan tertulis, Selasa (11/2).

Iwan menambahkan, untuk menambah proteksi ganda, sebaiknya memanfaatkan perlindungan asuransi.
 
Asuransi Astra sendiri, lanjut Iwan, menawarkan dua tipe perlindungan mobil yang tersedia di Garda Oto yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...