Rabu, 19 September 2018 – 18:50 WIB

3 Menteri Sempat Mengelak saat Ditanya soal Proyek Elekyo

Sabtu, 23 Desember 2017 – 05:45 WIB
3 Menteri Sempat Mengelak saat Ditanya soal Proyek Elekyo - JPNN.COM

jpnn.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hanya tertawa. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi malah melemparnya ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Basuki juga mengelak saat ditanya soal 'Proyek Elekyo'.

Bayu Putra-Andra Nur Oktaviani, Jawa Pos

Ketiga pembantu Presiden Joko Widodo itu ditemui secara terpisah oleh Jawa Pos untuk satu pertanyaan. Dari mana nama Elekyo Band berasal? "Bukan. Bukan saya. Kami sama-sama bikin namanya,” kata Basuki.

Tentu bukan karena malu kalau tiga menteri tersebut lantas menolak menjawab. Tapi, barangkali, yang terpenting bagi mereka adalah makna di baliknya. Elekyo dalam bahasa Jawa berarti jelek ya biar saja. Dinamakan demikian karena sesungguhnya terbentuknya band tersebut memang cuma untuk main-main. Sekadar ada. Sekadar menghilangkan penat dan tegang setelah sehari-hari diburu target-target pemerintahan.

Menurut Basuki, nama itu muncul ketika mereka ditodong main musik di sebuah talk show televisi. ”Wah, yo opo iki? Kemudian, ada ide-ide. Bandnya opo jenenge? Kita punya ide, Elekyo Band,” jelas Basuki, lantas tergelak, tentang asal mula band.

Main-main, tapi toh ”jam terbang” mereka lumayan juga. Minggu (17/12), misalnya, mereka turut meramaikan Panggung Nitilaku di lapangan Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.

Selain Budi (gitar), Basuki (drum), dan Retno (vokal), line-up Elekyo Band ketika itu juga diperkuat Menteri Sekretaris Negara Pratikno (vokal). ”Malu-malunya, kami sudah tiga kali tampil di panggung setingkat RT lho,” tutur Retno.

Agustus lalu mereka juga didaulat untuk tampil menghibur para mahasiswa baru UGM angkatan 2017. Kala itu bukan hanya mereka berempat yang tampil. Ada pula Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar