JPNN.com

3 Penyebab Penyakit Autoimun Seperti yang Dialami Ashanty

Jumat, 18 Oktober 2019 – 13:05 WIB 3 Penyebab Penyakit Autoimun Seperti yang Dialami Ashanty - JPNN.com
Ashanty. Foto Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Penyanyi Ashanty didiagnosa mengalami penyakit autoimun. Meski belum jelas penyebab penyakit autoimun apa yang dialami oleh Ashanty, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit ganas tersebut.

Penyakit autoimun tidak disebabkan oleh virus atau bakteri, tetapi oleh 'kesalahan' dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh justru menyerang jaringan tubuh sendiri.

Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh tidak bisa membedakan sel-sel asing dengan sel-sel tubuh sendiri. Akibatnya adalah reaksi peradangan yang parah.

Di dunia ini, jenis penyakit autoimun berjumlah lebih 100 penyakit. Hingga kini, para ahli belum berhasil mengetahui secara pasti penyebab penyakit autoimun. Namun, diketahui bahwa ada sejumlah faktor risiko yang berperan. Berikut adalah beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab penyakit autoimun:

1. Genetik

Penyakit autoimun cenderung diturunkan dalam keluarga. Pada suatu studi disebutkan bahwa risiko anak untuk mengalami multipel sklerosis (penyakit yang diduga karena adanya mutasi genetik HLA-DRB1) meningkat 20 persen jika salah satu orang tuanya juga memiliki penyakit yang sama. Penyakit autoimun lain, seperti psoriasis vulgaris, juga cenderung menurun pada keluarga.

Jika seseorang memiliki riwayat keluarga penyakit autoimun, bukan berarti 100% Anda juga akan mengalami penyakit yang sama. Namun semakin dekat hubungan darah (misal orang tua atau anak kembar), maka akan semakin berisiko tinggi pula seseorang untuk mengalami penyakit yang sama. Pada suatu penelitian disebutkan bahwa jika seorang kembar identik memiliki penyakit autoimun, kembarannya berisiko 30–50% untuk memiliki penyakit yang sama.

2. Infeksi

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...