3 Ribu Praja IPDN Ikut Pecahkan Rekor Pagelaran Angklung Terbanyak di Dunia

3 Ribu Praja IPDN Ikut Pecahkan Rekor Pagelaran Angklung Terbanyak di Dunia
Sebanyak 3 ribu praja IPDN Kemendagri terlibat dalam pergelaran angklung terbesar dunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta (GBK), Jakarta, Sabtu (5/8) malam. Foto: IPDN

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 3 ribu praja IPDN Kemendagri terlibat dalam pergelaran angklung terbesar dunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta (GBK), Jakarta, Sabtu (5/8) malam. Pagelaran ini pun memecahkan rekor dunia (Guinness World Records).

Praja IPDN Kemendagri bersama peserta lainnya yang berjumlah total 15.240 orang menampilkan pergelaran angklung yang dikemas dalam bentuk variety show.

Menurut Rektor IPDN Hadi Prabowo, pemecahan rekor ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan turut melestarikan alat musik tradisional Indonesia yakni angklung, serta sebagai ajang mempersatukan seluruh elemen bangsa.

"Praja IPDN berangkat dari kampus IPDN Jatinangor pada Kamis dengan menggunakan 59 bus dan langsung menginap di Wisma Atlet untuk melakukan rangkaian persiapan dan gladi bersih," kata dia dalam keterangannya.

Para pemain didampingi oleh 260 orang yang terdiri dari satuan Bina Pelatihan Praja, Satuan Manggala Praja, dan beberapa civitas academica lainnya.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Dalam Negeri beserta Ibu Menteri Dalam Negeri yang telah percaya untuk melibatkan praja IPDN Kemendagri dalam pergelaran besar ini," ujarnya.

Pemecahan rekor angklung terbesar ini dilakukan dengan membawa lagu berkibarlah benderaku yang diiringi juga oleh saung angklung udjo.

Penampilan praja IPDN Kemendagri ini juga disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana serta pejabat lainnya.

Menurut Rektor IPDN Hadi Prabowo, pemecahan rekor ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan turut melestarikan alat musik tradisional Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News