3 Suplemen ini Baik Dikonsumsi Lansia

3 Suplemen ini Baik Dikonsumsi Lansia
Lansia di Depok. Foto: Radar Depok/JPG

jpnn.com - Sebuah studi dari National Center for Biotechnology Information Amerika Serikat membuktikan bahwa setidaknya satu dari empat penduduk lansia di kota besar dan maju mengonsumsi suplemen multivitamin. Sedangkan lebih dari separuh di antaranya mengonsumsi 4-5 macam suplemen.

Sebagian besar alasan para lansia mengonsumsi suplemen secara rutin adalah untuk memperlambat penuaan, menjaga stamina tubuh agar tak mudah sakit, atau untuk mencegah kekurangan gizi.

Tak jarang, sebagian orang rela merogoh kocek dalam jumlah banyak untuk membeli suplemen tersebut.

Jenis suplemen yang dibutuhkan

Berbeda dengan sayur dan buah yang semakin banyak dikonsumsi akan membuat tubuh semakin sehat, suplemen ternyata memberikan efek yang berbeda. Kaum lansia yang mendapat asupan suplemen secara rutin belum tentu lebih sehat dibanding dengan yang tidak mengonsumsinya.

Karena pada dasarnya, jika vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh sudah bisa tercukupi melalui makanan yang dkonsumsi, maka suplemen tak diperlukan lagi. Namun demikian, karena pengaruh penuaan, ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang perlu dikonsumsi oleh lansia, yaitu:

1. Vitamin D.

Merupakan komponen gizi yang dibutuhkan untuk mendukung kepadatan tulang, menjaga massa otot, dan mempertahankan imunitas tubuh. Secara alami vitamin D didapatkan melalui makanan dan paparan sinar matahari di pagi hari.

Sebagian besar alasan para lansia mengonsumsi suplemen secara rutin adalah untuk memperlambat penuaan, menjaga stamina tubuh agar tak mudah sakit.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News