3 Tim Startup Raih Juara Kompetisi Hackathon Ketenagakerjaan

3 Tim Startup Raih Juara Kompetisi Hackathon Ketenagakerjaan
Pemenang kompetisi Hackathon Ketenagakerjaan. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Tim TalentHub dari Surabaya berhasil terpilih menjadi pemenang utama dalam acara kompetisi Hackathon Ketenagakerjaan yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan.

Pemenang kedua direbut oleh Tim TigaPutra (Aceh ) dan Tim Codeplay (Yogyakarta ) harus puas menduduki peringkat ketiga.

Hackathon kependekan dari hacking + marathon, yakni berkumpulnya programmer, project manager, ict researcher/enthusiast untuk membangun aplikasi (hacking) untuk menyelesaikan masalah tertentu. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan sangat singkat (1-3 hari) alias marathon.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kemnaker Khairul Anwar, Kementerian Ketenagakerjaan  menggelar Hackathon yang bertema “Pendataan Pekerja Kreatif” untuk memfasilitasi talent/pekerja kreatif dan lepasan sekaligus mendatabase generasi millenials di bidang IT, disain grafis dan manajemen

“Negara wajib hadir untuk memfasilitasi inovasi dan kreatifitas para startup  yang tersebar di seluruh Indonesia. Lomba Heckathon yang memanfaatkan innovation Room Kemnaker  ini menjadi langkah awal memberdayakan para  pekerja kreatif  yang memilki talenta tinggi, “ Kata Khairul Anwar di Kantor Kemnaker, Kamis (12/7).

Khairul Anwar mengatakan, pengembangan sumber daya manusia harus tanggap  terhadap perubahan yang cepat dalam era digitalisasi. Bila revolusi industri 4.0 yang sedang berlangsung saat ini tidak diantipasi dengan baik, maka bangsa kita akan tertinggal oleh bangsa lain.

“Di masa depan pengembangkan skills  baru sesuai disesuaikan dengan  dengan kebutuhan industri baru. Kita harapkan produktivitas pekerja kreatif yang telah banyak memunculkan industri baru menjadi penopang ekonomi bangsa Indonesia,“ kata Khairul.

Menyinggung kompetisi Heckathon, Khairul Anwar menjelaskan, dibutuhkan sebuah platform untuk membantu pemerintah dalam mengenal lebih jauh pekerja kreatif ini, sekaligus  memetakan dan menganalisa kebutuhan pasar kerja, serta kebutuhan jenis-jenis industri baru yang terus berkembang.

Tim TalentHub dari Surabaya berhasil terpilih menjadi pemenang utama dalam acara kompetisi Hackathon Ketenagakerjaan yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News