3 Trik Makan untuk Pasien Diabetes agar Gula Darah Tetap Stabil

3 Trik Makan untuk Pasien Diabetes agar Gula Darah Tetap Stabil
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Bagi pasien diabetes, mengatur pola makan bisa menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, kesalahan dalam memilih menu makan bisa berujung pada melonjaknya kadar gula darah dan bukan tidak mungkin mengundang berbagai komplikasi pada kemudian hari.

Untuk itu, pengaturan pola makan yang baik mutlak dilakukan.

Simak triknya di bawah ini agar diabetesi tetap bisa makan enak dan gula darah senantiasa terjaga stabil.

1. Pastikan makan sesuai jadwal

Di samping dengan obat-obatan, seorang diabetesi juga wajib menjaga pola makannya agar gula darah tetap stabil. Karena itu, setelah seseorang terdiagnosis diabetes atau bahkan pradiabetes, umumnya ia akan dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi.

Hal ini menjadi kunci penting karena diet yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan dalam terapi diabetes.

Secara umum, diet yang akan dianjurkan untuk pasien diabetes adalah diet yang mengandung gizi tinggi namun dengan porsi yang terkontrol dan jadwal yang teratur. Keteraturan jadwal ini menjadi poin penting agar pengeluaran insulin, sang hormon pengontrol gula darah, juga teratur dari hari ke hari.

Ingat, diabetes terjadi karena gangguan kerja dari insulin ini. Jadi keteraturan pelepasan insulin tubuh menjadi salah satu yang utama bila ingin kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari.

Kesalahan dalam memilih menu makan bisa berujung pada melonjaknya kadar gula darah dan bukan tidak mungkin mengundang berbagai komplikasi pada kemudian hari.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News