JPNN.com

327 Anggota DPR Hadiri Pelantikan Pengganti Zainuddin Amali dan Edhy Prabowo

Rabu, 22 Januari 2020 – 16:43 WIB 327 Anggota DPR Hadiri Pelantikan Pengganti Zainuddin Amali dan Edhy Prabowo - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani membuka Rapat Paripurna DPR Ke-8 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2019 – 2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/1). Politikus PDI Perjuangan itu kemudian membacakan daftar hadir anggota DPR dalam rapat paripurna.

“Permulaan rapat paripuran ditandatangani 327 dari 575 anggota DPR RI dan dihadiri anggota dari seluruh fraksi yang ada di DPR RI. Dengan demikian kuorum sudah tercapai,” kata Puan. Dengan demikian sekitar 248 anggota DPR yang belum hadir.

Puan menjelaskan berdasar hasil keputusan rapat konsultasi pimpinan pengganti rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR antara pimpinan DPR dan pimpinan fraksi 21 Januari 2020, maka acara Rapat Paripurna DPR hari ini adalah penetapan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2020 dilanjutkan pengambilan keputusan. Namun, akan didahului pelantikan pergantian antarwaktu anggota DPR sisa masa jabatan 2019-2024.

Dalam kesempatan itu, Puan juga menyampaikan bahwa pimpinan DPR telah menerima Surat Presiden Nomor: 7/P dan 8/P Tahun 2020, tertanggal 16 Januari 2020 tentang peresmian PAN anggota DPR dan MPR sisa masa jabatan 2019-2024. Puan menambahkan Reni Astuti menggantikan Edhy Prabowo dari Fraksi Partai Gerindra daerah pemilihan Sumatera Selatan I.

Sementara, Muhammad Ali Ridho menggantikan Zainuddin Amali dari Fraksi Partai Golkar dapil Jawa Timur XI.

“Sesuai Pasal 8 Ayat 3 Peraturan DPR tentang Tatib anggota pengganti antarwaktu sebelum memangku jabatan mengucap sumpah janji jabatan,” ujarnya. Puan lantas memandu sumpah janji dan jabatan dua anggota DPR tersebut. Seperti diketahui, Zainuddin Amali sekarang merupakan menteri pemuda dan olahraga. Sementara Edhy Prabowo menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan. (boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...