327 Calon Jemaah Haji Tak Lunasi Biaya

327 Calon Jemaah Haji Tak Lunasi Biaya
Jemaah haji di Tanah Suci. Foto: Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap pertama berakhir pada Jumat (4/5). Namun, masih ada 327 calon jamaah haji (CJH) Kota Delta yang belum melakukan pelunasan. Terdata ada 1.331 CJH yang sudah membayar lunas.

Banyaknya CJH Kota Delta yang belum melunasi biaya bukan hanya yang masuk kuota tahun ini. Sebagian besar justru CJH dari tahun-tahun sebelumnya. 

Mereka sebelumnya tidak melakukan pelunasan dan pembatalan. Jadi, namanya terus muncul sebagai CJH.

''Dari 327 orang yang tidak melunasi itu, 230 orang adalah CJH tahun-tahun sebelumnya yang juga tidak melunasi,'' kata Kepala Kemenag Sidoarjo Achmad Rofi'i. 

Nama mereka terus masuk karena mendapat porsi kuota. Ada yang tahun lalu tidak melakukan pelunasan. Ada juga yang sudah dua tahun.

Lantaran 327 kursi tidak terisi, akan ada penggantinya. Nomor porsi otomatis naik. ''Tapi, penentuannya menunggu pengumuman dari pusat karena sudah menjadi porsi nasional,'' papar Rofi'i. (may/c15/ai/jpnn)

 


Akan ada penggantian kursi untuk pengisian jatah calon jemaah haji yang sebelumnya tidak mengikuti syarat pelunasan biaya.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News