33 Nelayan Korban Kapal Tenggelam belum Ditemukan, Masa Pencarian Diperpanjang Demi Kemanusiaan

33 Nelayan Korban Kapal Tenggelam belum Ditemukan, Masa Pencarian Diperpanjang Demi Kemanusiaan
Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) atau Pencarian dan Pertolongan Pontianak, Kalbar, Yopi Haryadi mengatakan, hingga saat ini tercatat masih sebanyak 33 nelayan korban kapal motor tenggelam dampak cuaca buruk karena diterjang ombak, Selasa (13/7) di perairan Kalbar, masih belum ditemukan. (Foto ANTARA/Slamet Ardiansyah)

jpnn.com, PONTIANAK - Sebanyak 33 nelayan atau anak buah kapal (ABK) korban kapal tenggelam di perairan Kalimantan Barat (Kalbar) akibat diterjang ombak saat cuaca buruk, Selasa (13/7) lalu, masih belum ditemukan.

Oleh karena itu, Tim Search and Rescue (SAR) Pontianak memperpanjang masa pencarian korban kapal tenggelam tersebut hingga Jumat (23/7). 

"Untuk pencarian terhadap nelayan korban KM tenggelam, kami putuskan diperpanjang selama tiga hari atau sampai Jumat (23/7)," kata Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Pontianak, Kalbar, Yopi Haryadi di Pontianak, Rabu (21/7).

Menurut dia, keputusan perpanjangan itu juga didukung oleh semua instansi atau Tim SAR Gabungan yang terlibat dalam pencarian para korban kapal tenggelam tersebut. "Demi kemanusiaan, maka kami perpanjang pencarian hingga tiga hari lagi," ujarnya.

Yopi menambahkan, pihaknya juga terus menambah luas areal pencarian. 

"Hari ini kami fokus pencarian di wilayah utara dan barat dari lokasi KM nelayan tenggelam yang terbanyak di kawasan Muara Jungkat," katanya. 

Berdasar data sementara Posko SAR Gabungan di Pontianak, hingga saat ini total ABK yang menjadi korban kecelakaan sebanyak 138 orang. Sebanyak 83 orang di antaranya selamat, 33 masih dalam pencarian, dan 22 ditemukan meninggal dunia. Adapun total kapal tenggelam sebanyak 18 unit.

Yopi mengimbau  pihak keluarga para korban yang belum menghubungi Posko DVI Dokkes Polda Kalbar, maka diharapkan segera menghubungi dan mendatanginya, karena hingga saat ini masih beberapa jenazah yang belum teridentifikasi.

SAR Pontianak menyatakan 33 nelayan atau ABK korban kapal tenggelam di perairan Kalbar masih belum ditemukan. Demi kemanusiaan, masa pencarian para korban diperpanjang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News