360 Juta Orang Dunia Tuli

360 Juta Orang Dunia Tuli
360 Juta Orang Dunia Tuli
JENEWA - Lebih dari 360 juta orang di dunia diduga menderita gangguan pendengaran alias tuli. Laporan ini dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyambut International Ear Care Day, 3 Maret 2013 mendatang.

Menurut WHO, satu dari tiga orang di atas usia 65 atau total 165 juta orang di seluruh dunia, hidup dengan gangguan pendengaran. Sementara, 32 juta lainnya juga bermasalah pendengarannya, khususnya di kalangan  anak-anak di bawah usia 15.

Department of Prevention of Blindness and Deafness WHO Shelly Chadha mengatakan sekitar setengah dari semua kasus gangguan pendengaran sebenarnya mudah dicegah dan dapat diobati melalui diagnosis dini serta intervensi yang tepat seperti alat dengar implan melalui operasi. Namun, dia mengingatkan bahwa produksi alat bantu pendengaran saat ini kurang dari 10 persen kebutuhan global.

"Di negara-negara berkembang, kurang dari satu dari 40 orang yang membutuhkan alat bantu dengar memilikinya," kata Chadha seperti dilansir Xinhua (28/2).

JENEWA - Lebih dari 360 juta orang di dunia diduga menderita gangguan pendengaran alias tuli. Laporan ini dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News