388 Calon Jemaah Haji Batal ke Tanah Suci

388 Calon Jemaah Haji Batal ke Tanah Suci
Rombongan jamaah haji Kloter 34 Bandarlampung tiba di asrama haji lampung tepat pukul 17.10 WIB, senin (10/10). Kedatangan jamaah haji disambut isak tangis dan bahagia oleh keluarga dan kerabat jamaah haji. Foto: Tegar/Radar Lampung Ilustrasi by:

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya, Farmadi Hasyim memastikan ada 388 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Surabaya, Jawa Timur batal berangkat musim haji tahun ini.

Alasannya, CJH tidak diproses keberangkatannya karena belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) reguler.

Menurut Farmadi, pelunasan BPIH untuk tahap pertama sudah ditutup ditutup pada Jumat (5/5) lalu.

Farmadi menjelaskan bahwa di embarkasi Surabaya, jumlah CJH yang berhak lunas mencapai 3.132 orang. Sementara yang sudah melunasi BPIH sampai masa penutupan tahap pertama pada 5 Mei lalu sebanyak 2.744 CJH atau mencapai 87,6 persen.

"Jadi sampai kemarin tanggal 5 (Mei) ditutup, masih ada sebanyak 388 yang belum lunas. Ada 2.744 yang sudah lunas," kata Farmadi kepada Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Untuk Jemaah yang tidak melunasi pada tahap pertama ini, maka tidak akan dipanggil lagi pada tahap berikutnya. Otomatis, mereka dianggap tidak berangkat pada tahun 2017 dan harus menunda sampai tahun depan.

Selanjutnya, kuota mereka yang tidak bisa melunasi pada tahap pertama akan dikembalikan ke pusat.

Sisa kuota tahap pertama ini selanjutnya akan diisi oleh para CJH cadangan atau yang sudah pernah haji, usulan lansia, atau penggabungan.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya, Farmadi Hasyim memastikan ada 388 Calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News