4 Alasan Mengapa Anda Disukai Nyamuk

4 Alasan Mengapa Anda Disukai Nyamuk
Nyamuk aedes. Foto: Wikipedia

jpnn.com, JAKARTA - Apakah Anda merasa seperti magnet bagi nyamuk? Apakah Anda akhirnya mengenakan jins bahkan pada hari-hari musim panas yang paling terik sebagai pelindung dari gigitan serangga menyebalkan ini?

Jika Anda lelah menjadi umpan nyamuk, Anda tidak sendirian. Ternyata beberapa orang lebih rentan terhadap gigitan nyamuk. "Nyamuk menggunakan semua indra mereka untuk menemukan sumber darah, termasuk 'bau' (mereka menggunakan reseptor sensorik) untuk mendeteksi kadar karbon dioksida," kata Robb Akridge, PhD, CEO dan Pendiri REA Innovations, seperti dilansir laman SheKnows, Rabu (2/10).

Semakin tinggi konsentrasi CO2, maka semakin dekat seorang menjadi korban nyamuk. Mereka juga menggunakan penglihatan dan mereka juga menggunakan sensor suhu untuk menuju ke objek yang lebih panas. Kehangatan bisa berarti hewan berdarah panas sudah dekat. Jadi jika Anda mengenakan pakaian gelap dan banyak berolahraga, panas, dan sulit bernapas, maka nyamuk akan lebih mudah menemukan Anda.

Sekitar 20 persen dari populasi lebih menarik bagi nyamuk daripada yang lain. Dalam subkelompok itu, mereka bisa menghasilkan lebih banyak CO2 daripada yang lain. Namun, ada banyak alasan lain - diketahui dan tidak diketahui - mengapa kelompok ini adalah target yang lebih baik untuk gerombolan nyamuk.

Akridge berbagi daftar beberapa alasan yang mungkin mengapa nyamuk tertarik menggigit Anda:

1. Kehamilan

Ketika Anda hamil, Anda mengalami kesulitan bernapas (lebih banyak CO2) dan Anda lebih panas dari biasanya sehingga Anda bisa menarik nyamuk.

2. Keringat

Nyamuk menggunakan semua indra mereka untuk menemukan sumber darah, termasuk bau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News