4 Bahan Kimia Ini Bisa Mengeksfoliasi Kulit Wajah Tanpa Butiran Scrub

4 Bahan Kimia Ini Bisa Mengeksfoliasi Kulit Wajah Tanpa Butiran Scrub
Melembabkan wajah. Foto: cremitas

jpnn.com - Bagi Anda yang masih sering menggunakan scrub badan untuk wajah sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, kulit badan dan wajah itu berbeda.

Kulit wajah jauh lebih tipis dan sensitif ketimbang kulit badan, sehingga membutuhkan sesuatu yang lebih lembut. Untuk alasan yang satu ini, mirip dengan alasan mengapa Anda tidak boleh mengaplikasikan sabun badan ke wajah.

Scrub badan biasanya memiliki butiran yang lebih besar dan kasar ketimbang butiran scrub khusus wajah. Bahan aktif yang dikandung scrub badan juga akan lebih kuat (konsentrasi asamnya lebih tinggi), sehingga berbahaya kalau dipakai di wajah.

Bayangkan saja, kulit wajah yang tipis digosok dengan butiran scrub yang besar dan keras, ditambah bahan aktif yang kuat pula. Tak lama setelahnya, pasti kulit akan memerah dan perih karena terjadi iritasi kulit.

Jangan berpikir juga bahwa dengan menggosokkan scrub badan yang besar dan kasar ke wajah, komedo serta sel kulit mati lebih mudah terangkat. Itu hanya membuat proses eksfoliasi wajah menjadi sangat tak efektif dan berisiko.

Adakah Cara Lain Eksfoliasi Wajah tanpa Butiran Scrub?

Akibat iritasi yang dapat terjadi, mungkin akan jadi ragu memakai scrub untuk eksfoliasi kulit, sekalipun itu memang produk untuk kulit wajah.

Kabar baiknya, ada cara dan bahan lain yang bisa digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, tanpa harus menggosok kulit wajah dengan butiran scrub! Bahan tersebut bukan dari bahan alami, melainkan bahan kimia.

Kulit wajah jauh lebih tipis dan sensitif ketimbang kulit badan, sehingga membutuhkan sesuatu yang lebih lembut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News