4 Bidang FTUI Raih Peringkat 1 di Indonesia dalam Pemeringkatan QS World University

4 Bidang FTUI Raih Peringkat 1 di Indonesia dalam Pemeringkatan QS World University
Gedung rektorat UI. Foto: ANTARA/ Feru Lantara

jpnn.com, JAKARTA - Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) terus menunjukkan prestasi di tingkat internasional.

Kali ini, FTUI menduduki peringkat 320 dunia pada subjek teknik dan teknologi dalam pemeringkatan The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject 2024.

Posisi ini meningkat dari tahun sebelumnya, yakni di peringkat 335 dunia.

Dekan FTUI, Prof Heri Hermansyah mengatakan bahwa berdasarkan pemeringkatan yang dikeluarkan QS WUR 2024, untuk broad subject engineering, FTUI menempati posisi ke-2 di Indonesia, ke-11 di Asia Tenggara, dan ke-99 Asia.

“Yang luar biasa, empat bidang studi di FTUI diakui sebagai bidang studi teknik terbaik di Indonesia pada QS WUR 2024 specific subject,” ucap Heri dalam keterangannya, Kamis (18/4).

Dua di antaranya adalah Teknik Kimia dan Arsitektur mempertahankan posisinya sebagai bidang studi terbaik selama dua tahun berturut-turut.

“Sementara Teknik Mesin dan Teknik Elektro baru tahun ini menyandang peringkat pertama,” kata dia.

Keempat bidang studi FTUI yang masuk dalam studi teknik terbaik di Indonesia, di antaranya Architecture and Built Environment dengan posisi ke-1 Indonesia, ke-10 Asia Tenggara, 64 Asia, dan 151-200 dunia.

Empat bidang studi di FTUI diakui sebagai bidang studi teknik terbaik di Indonesia pada QS WUR 2024 specific subject.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News