4 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

4 Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat
Lidah Buaya. Foto HerbalCare

jpnn.com - Lidah buaya bisa didapat dengan mudah karena kebanyakan produk perawatan wajah mengandung ekstrak aloe vera. Namun, pilihan tetap ada di tangan Anda. Anda dapat memilih lidah buaya yang sudah dalam kemasan atau memakainya langsung dari tanaman lidah buaya segar.

Bagi Anda yang memilih cara alami dengan mengambil langsung dari tanamannya, Anda dapat menggunakan aloe vera sebagai masker. Berikut ini beberapa cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat:

1. Lidah Buaya Murni

Cara paling mudah untuk memperoleh khasiat lidah buaya adalah dengan mengeruk gel lidah buaya yang terdapat pada daging lidah buaya. Beberapa tahapan cara menggunakan lidah buaya murni untuk jerawat adalah sebagai berikut:

  • Pertama, cuci muka Anda dengan sabun lembut dan air hangat.
  • Keringkan dengan handuk lembut bersih.
  • Oleskan 1/4 sendok makan lidah buaya ke kulit Anda yang bersih. Jika Anda menggunakan lidah buaya segar, cuci bersih lidah buaya. Kuliti bagian atas, dan buang bagian pinggir yang bergerigi. Selanjutnya, keruk lidah buaya dengan sendok dan tempatkan di wadah bersih.
  • Aplikasikan ke wajah Anda hingga merata. Hindari lidah buaya mengenai bagian mata, mulut, dan telinga.
  • Setelah menunggu sekitar 10-15 menit, bilas wajah hingga bersih.

2. Lidah Buaya dan Air Lemon

Lemon yang mengandung asam sitrat bisa mengobati jerawat. Lidah buaya berperan dalam mengurangi iritasi yang ditimbulkan oleh lemon. Dengan menggabungkan keduanya, Anda akan memperoleh manfaat lidah buaya untuk jerawat.

Anda dapat mencampurkan lidah buaya dan air lemon dengan perbandingan 8:1. Setelah itu, oleskan secara merata ke wajah, lalu tunggu selama sekitar 10 menit, kemudian basuh dengan menggunakan air hangat. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah hindari area mata karena akan membuat mata sakit.

3. Lidah Buaya, Madu, dan Kayu Manis

Menghilangkan jerawat tak melulu diatasi dengan obat-obatan kimia yang dibeli di apotek atau toko obat, Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti lidah buaya atau aloe vera.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News