4 Kandidat Cawapres Jokowi, Satu Nama Ini Paling Potensial

4 Kandidat Cawapres Jokowi, Satu Nama Ini Paling Potensial
Presiden Jokowi dan Menkeu Sri Mulyani. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Siapa yang akan menjadi cawapres Jokowi di Pilpres 2019 hingga saat ini masih misteri. Direktur eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya menyatakan, ada empat nama yang dianggap potensial menjadi cawapres Jokowi.

Yaitu, Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani, TGB Zainul Majdi, dan mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung.

Menurut Yunarto, Mahfud lebih mudah diterima semua pihak, termasuk partai politik pendukung Jokowi pada Pemilu 2019. Mahfud yang berlatar belakang Nahdlatul Ulama, kata dia, juga mampu menggalang dukungan dari kaum nahdliyin

“Saya menilai baru Pak Mahfud yang akseptabilitasnya paling tinggi dibanding figur lain seperti TGB atau Chairul Tanjung. Cawapres ideal untuk Jokowi ada di Mahfud,” katanya, seperti diberitakan Jawa Pos.

Yunarto menilai Mahfud sebagai figur yang komplet karena berpengalaman di eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Selain itu, Mahfud dinilai bersih dari catatan pelanggaran hukum dan memiliki karakter berani serta tegas seperti karakter wakil Jokowi ketika menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden RI.

Sementara TGB, menurut Yunarto sulit diterima semua partai pendukung Jokowi karena merupakan kader Partai Demokrat.

4 Kandidat Cawapres Jokowi, Satu Nama Ini Paling Potensial

Setidaknya ada empat nama kandidat kuat cawapres Jokowi di Pilpres 2019 yakni Mahfud MD, Sri Mulyani, TGB Zainul majdi, dan Chairul Tanjung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News