JPNN.com

4 Kiat Jaga Kesehatan untuk Buruh yang Bekerja Shift

Kamis, 02 Mei 2019 – 09:52 WIB 4 Kiat Jaga Kesehatan untuk Buruh yang Bekerja Shift - JPNN.com

jpnn.com - Menjadi buruh yang bekerja shift memang tidak mudah. Hal ini utamanya dirasakan jika sedang kebagian shift malam, di saat tubuh yang seharusnya tidur dan beristirahat malah dipaksa terjaga untuk terus bekerja hingga fajar tiba.

Beberapa pekerjaan yang dituntut untuk bekerja shift, termasuk buruh pabrik, suster, dokter, dan lainnya. Hal itu diperlukan karena lini pekerjaan tersebut harus selalu siap siaga selama 24 jam dalam tujuh hari. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa bekerja shift sedikit banyak dapat memengaruhi kondisi kesehatan.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan pekerja shift supaya kesehatan terus terjaga dan tubuh tetap bugar? Ada! Berikut caranya:

1. Atur waktu tidur

Bekerja shift dapat menyebabkan terganggunya jam tidur. Hal ini membuat Anda kurang tidur sehingga lebih rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin tabunglah jam tidur, terutama di hari ketika akan melakukan shift malam. Usahakan untuk tidur siang dalam durasi yang cukup.

Untuk dapat tidur siang dengan nyenyak, kondisikan kamar Anda agar suasananya mirip seperti malam hari. Upayakan agar kamar tetap gelap, tenang, dan sejuk. Jangan lupa matikan telepon genggam agar tidur Anda tidak terganggu.

2. Olahraga secara rutin

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...