4 Kiat Menjaga Kulit Tidak Kering Saat Cuaca Panas

4 Kiat Menjaga Kulit Tidak Kering Saat Cuaca Panas
Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

jpnn.com - Cuaca panas yang saat ini tengah melanda Jakarta memang bisa memengaruhi kelembapan kulit. Akibatnya, kulit pun jadi kering. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa cara mengatasi kulit kering.

 

Cegah kulit kering di tengah panasnya cuaca

Panasnya cuaca merupakan satu dari banyak faktor eksternal yang menyebabkan kulit jadi kering. Untuk mencegah kulit tidak cepat kering saat cuaca panas, beberapa cara ini bisa Anda sontek: 

1. Gunakan sunscreen dan sunblock

Untuk mencegah kulit kering di panasnya cuaca Jakarta, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari merupakan salah satu hal wajib. 

“Sunblock bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit, sehingga menghalangi sinar ultraviolet dari matahari agar tidak mencapai kulit. Ada pun sunscreen, bisa membentuk lapisan yang bisa menyerap sinar ultraviolet sebelum sinar tersebut mencapai kulit,” ujar dr. Sepriani. 

Selain mencegah kulit kering, penggunaan kedua bahan ini juga bisa mencegah Anda dari penyakit mematikan, seperti kanker kulit. 

Menjaga kulit agar tidak kering tidaklah mudah, terlebih di cuaca panas seperti Jakarta saat ini. Namun, berbekal informasi di atas, bukan tidak mungkin kulit Anda tetap terjaga kesehatannya meski di cuaca terik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News