4 Langkah Meminimalkan Risiko Terkena Kanker

4 Langkah Meminimalkan Risiko Terkena Kanker
Cara mudah mengurangi risiko kanker payudara. ILUSTRASI. Laman MSN

jpnn.com - Selain dengan mengonsumsi berbagai sayuran, termasuk sayuran pahit dan buah-buahan sebagai sumber antioksidan, ada beberapa langkah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan risiko kanker. Seperti dianjurkan oleh dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, dari KlikDokter:

1. Tidak merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, ginjal, rongga mulut, dan pankreas. Jika sampai saat ini Anda masih merokok, cobalah untuk berhenti. Memang tidak mudah, tapi demi kesehatan yang lebih baik tidak ada yang mustahil.

2. Pertahankan berat badan ideal

Mendapatkan berat badan yang ideal menurunkan risiko kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal. Salah satu cara untuk mempertahankan berat badan ideal adalah dengan aktivitas fisik. Anda disarankan untuk berolahraga setiap hari selama 30 menit.

3. Dapatkan vaksinasi

Menurut dr. Alvin, beberapa virus bisa menyebabkan terjadinya kanker. Untuk hal ini, vaksinasi adalah salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Vaksin yang direkomendasikan adalah hepatitis B untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, yang pada akhirnya menurunkan risiko terjadinya kanker hati. Selain itu, vaksin human papillomavirus (HPV) juga disarankan karena bisa menurunkan kejadian kanker serviks dan kanker penis.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan, berikut empat cara meminimalkan risiko kanker.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News