JPNN.com

4 Manfaat Konsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan

Rabu, 03 Juli 2019 – 13:30 WIB 4 Manfaat Konsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan - JPNN.com

jpnn.com - Sama halnya dengan kopi, teh juga merupakan jenis minuman yang banyak digemari di seluruh dunia. Meski kerap dianggap hanya sebagai minuman hangat di waktu senggang, banyak penelitian mengungkapkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat sehat, khususnya teh hijau.

Teh hijau terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis, bahan yang sama untuk membuat teh hitam dan teh oolong. Secangkir teh hijau yang diseduh dengan air panas – dan tanpa tambahan  gula – tidak mengandung lemak, karbohidrat, atau protein, bahkan kalori. Jadi tidak akan menggemukkan.

Teh hijau dan kandungan nutrisi

Teh hijau juga memiliki konsenstrasi yang lebih tinggi dari salah satu zat yang disebut katekin. Katekin adalah suatu senyawa bioaktif yang dikenal dengan istilah flavonoid. Senyawa ini diketahui efektif menurunkan potensi terjadinya stres oksidatif di dalam tubuh.

Menurut Howard D. Sesso, profesor di Harvard University dan pakar epidemiologi dari Brigham and Women’s Hospital di AS, salah satu jenis katekin yang dikenal dengan nama EGCG hanya ada pada teh hijau. Katekin ini diyakini sebagai zat yang berperan melawan kanker, mengandung antioksidan dan probiotik, serta meningkatkan metabolisme.

Teh hijau juga mengandung sejumlah kalium dan kafein dalam jumlah sedang. Satu cangkir teh hijau mengandung 25-29 miligram (mg) kafein.

BACA JUGA: Bagi Penderita Diabetes, Hindari Mengonsumsi 4 Buah ini

Manfaat konsumsi teh hijau

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...