Bagi Penderita Diabetes, Hindari Mengonsumsi 4 Buah ini

Bagi Penderita Diabetes, Hindari Mengonsumsi 4 Buah ini
Buah anggur siap panen. Foto: humas Kementan

jpnn.com - Bila sudah terdiagnosis diabetes, biasanya pola makan harus diatur sedemikian rupa. Alih-alih menyantap makanan manis yang sering dianggap sebagai musuh utama, biasanya penderita diabetes akan memilih buah-buahan sebagai alternatif sehat. Padahal, ada beberapa jenis buah yang juga harus dihindari karena bisa meningkatkan kadar gula secara cepat.

Diabetesi sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dan minuman dengan indeks glikemik tinggi. Pada buah yang semakin matang, biasanya indeks glikemiknya akan makin tinggi.

Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan atau minuman dalam meningkatkan kadar gula darah. Kondisi indeks glikemik pada makanan banyak menjadi patokan diet bagi penderita diabetes. Mereka harus memperhatikan asupan nutrisi karena labilnya perubahan kadar gula darah yang terjadi pada fisiologi tubuh.

Rendah: <55
Sedang: 56-69
Tinggi: >70
Jika punya diabetes, hindari buah-buahan ini
Untuk penderita diabetes, konsumsi buah bisa menyehatkan, tetapi bisa juga sebaliknya. Agar gula darah tak melonjak, sebaiknya hindari buah-buahan ini.

1. Anggur

Anggur adalah buah yang dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya, sehingga bisa menjadi sumber serat yang baik. Selain itu anggur juga merupakan sumber vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan memperbaiki mood.

Satu buah anggur berukuran kecil terdiri atas 1 gram karbohidrat, yang berarti 15 buah anggur sama dengan 1 porsi buah. Namun, karena ukurannya yang kecil, sering kali seseorang menyantapnya dalam jumlah banyak.

Buah anggur yang berukuran sedang biasanya memiliki indeks glikemik sekitar 59. Jadi, jika diabetesi mengonsumsi anggur secara berlebihan, gula darah bisa meningkat dengan cepat.

Buah memang sehat, kaya akan vitamin dan mineral. Namun jika Anda punya diabetes, hindari jenis buah ini.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News