Cegah Diabetes dengan Cara ini

Cegah Diabetes dengan Cara ini
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Diabetes mellitus adalah penyakit yang semakin sering ditemukan sekarang ini. Berdasarkan Riskesdas 2018, prevalensi diabetes berdasarkan diagnosis dokter pada penduduk umur di atas 15 tahun naik 0,5 persen jika dibandingkan data 2013. Hal ini tentu mengkhawatirkan. Padahal, pencegahan penyakit diabetes dapat dilakukan sejak dini. Salah satunya adalah melalui cek gula darah.

Gula darah dalam tubuh

Kadar gula darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun senantiasa berubah, kadar gula darah perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh. Kadar gula darah manusia dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh, khususnya karbohidrat.

Selanjutnya, kadar gula darah yang terlalu tinggi – atau disebut hiperglikemia – akan berdampak buruk pada kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Kondisi ini umumnya dialami para penderita diabetes.

Tanda-tanda kadar gula darah terlalu tinggi antara lain badan lelah, nafsu makan tinggi, berat badan berkurang drastis, sering haus, serta buang-buang air kecil. Selanjutnya, jika kadar gula darah mencapai 350 mg/dL atau lebih, gejala yang dapat muncul misalnya sangat haus, pusing, penglihatan buram, gelisah, dan penurunan kesadaran.

Cek gula darah untuk cegah diabetes

Agar kondisi tersebut tidak terjadi, Anda dapat mencegah diabetes dengan melakukan cek gula darah secara rutin. Di bawah ini merupakan beberapa jenis pemeriksaan gula darah, yaitu:

Tes Gula Darah Puasa (GDP)

Kadar gula darah adalah banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun senantiasa berubah, kadar gula darah perlu dijaga dalam batas normal.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News