JPNN.com

Cara Nikmati Makanan Manis Tanpa Rasa Khawatir

Jumat, 14 Juni 2019 – 10:24 WIB Cara Nikmati Makanan Manis Tanpa Rasa Khawatir - JPNN.com

jpnn.com - Banyak orang mengaitkan makanan dan minuman manis dengan berbagai penyakit. Mulai dari diabetes, obesitas, hingga kerusakan gigi. Ini pula alasan sebagian orang akhirnya membatasi diri untuk mengonsumsi makanan manis. Padahal, ada cara untuk menikmati rasa manis tanpa dibayang-bayangi kekhawatiran.

Rasa manis pada makanan dan minuman pada umumnya diperoleh dari gula atau karbohidrat sederhana. Selain itu, rasa manis juga didapatkan dari pemanis buatan, seperti sukralosa, sakarin, aspartame, dan xylitol.

Manfaat makanan manis bagi tubuh

Tak melulu soal penyakit, rasa manis dalam makanan dan minuman dapat memberikan manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi tidak berlebihan. Apa saja?

1. Sumber energi

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Agar dapat digunakan tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang nantinya akan mengalir melalui pembuluh darah ke sel-sel tubuh untuk diolah menjadi energi.

Namun, tidak semua sel tubuh akan menggunakan glukosa sebagai energi. Contohnya, otot dan hati akan menyimpannya sebagai cadangan. Glukosa cadangan tersebut akan digunakan jika tidak ada glukosa yang masuk ke dalam tubuh atau ketika tubuh mengalami defisit energi.

2. Meningkatkan kemampuan berpikir

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...