Kamis, 27 Juni 2019 – 09:09 WIB

4 Kiat Menjaga Gula Darah Normal bagi Penderita Diabetes

Rabu, 12 Juni 2019 – 17:35 WIB
4 Kiat Menjaga Gula Darah Normal bagi Penderita Diabetes - JPNN.COM

jpnn.com - Mengendalikan kadar gula darah tetap dalam batas normal sangat penting bagi penderita diabetes agar bisa tetap hidup sehat. Sebaliknya, jika kadar gula darah tak terkontrol, berbagai komplikasi rentan terjadi. Di antaranya adalah penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Adakah tips jitu untuk menjaga gula darah normal bagi penderita diabetes?

Penderita diabetes, sebetulnya tidak diharapkan memiliki kadar gula darah normal. Berdasarkan panduan dari Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), penderita diabetes mellitus dianggap memiliki kadar gula darah yang terkontrol dengan baik, jika:

  • Kadar gula darah puasa yang diambil dari pemeriksaan darah kapiler (pemeriksaan gula darah dari ujung jari) sebesar 80-130 miligram/desiliter (mg/dl).
  • Kadar gula darah 1-2 jam setelah makan dari pemeriksaan darah kapiler kurang dari 180 mg/dl.
  • Kadar HbA1C kurang dari 7 persen.

Tak hanya itu, kadar kolesterol juga menjadi terkontrolnya diabetes. Diabetesi dianjurkan untuk memiliki kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) kurang dari 100 mg/dl dan trigliserida <150 mg/dl.

Tips mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes

Supaya gula darah diabetesi terkontrol dengan baik, ada beberapa hal esensial yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Pilih dan takar karbohidrat dengan tepat

Terdapat dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana terbuat dari gula yang sederhana, cepat diubah menjadi gula di dalam darah, sehingga cepat menyebabkan gula darah melonjak dan cepat pula dalam menimbulkan rasa lapar. Contohnya adalah pasta, kue, biskuit, permen, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, karbohidrat kompleks terbuat dari tiga jenis gula yang berikatan satu sama lain. Hal ini menyebabkan jenis karbohidrat ini diubah menjadi gula di dalam darah secara perlahan, sehingga gula darah tak melonjak cepat dan rasa lapar tak cepat muncul. Contohnya adalah oat, beras merah, dan roti gandum.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar