JPNN.com

4 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Kamis, 25 Juli 2019 – 22:03 WIB 4 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut - JPNN.com

jpnn.com - Membersihkan mulut dan menggosok gigi merupakan aktivitas sehari-hari yang telah melekat secara turun-menurun. Di kalangan orang Arab, selain sikat gigi, siwak/miswak sering digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut.

Penggunaan siwak mengikuti sunah Rasulullah, mulut menjadi bersih, sehat, dan gigi juga menjadi terawat. Sebagaimana diketahui, siwak sering digunakan Rasulullah di berbagai keadaan jika dirasa mulut terasa kotor. 

Namun menurut hadis, Rasulullah bersiwak di saat dirinya hendak salat, bepergian, dan saat terbangun di tengah malam. Selain membersihkan gigi, gusi, dan mulut, siwak juga memiliki beberapa khasiat lainnya yang tak kalah baiknya, seperti dilansir laman Stylecraze, Minggu (21/7).

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa dengan Siwak

1. Mengatasi Kerusakan Gigi 

Miswak telah dikenal untuk meningkatkan pembentukan air liur di mulut tanpa perlu penambah aditif komersial, sehingga secara alami memerangi kerusakan gigi. Selain itu, menggunakan miswak membantu memperkuat enamel gigi berkat natrium klorida, natrium bikarbonat, dan kalsium oksida yang ada di miswak, dengan demikian juga mempromosikan pemutihan gigi.

2. Melindungi Terhadap Tartar Dan Plak

Cara termudah untuk mencegah penumpukan karang gigi dan plak, dan dengan demikian mencegah penyakit gusi dan kehilangan gigi, adalah dengan menyikat gigi secara teratur dan dengan cara yang benar. Miswak menjadi 'ranting sikat gigi' membantu di sini berkat sifat antibakteri yang mencegah bakteri menumpuk di gigi dan gusi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...