4 Negara Arab Jadi Sahabat Israel, Menlu Retno Sampaikan Pernyataan Tegas soal Sikap Indonesia

4 Negara Arab Jadi Sahabat Israel, Menlu Retno Sampaikan Pernyataan Tegas soal Sikap Indonesia
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Ilustrasi Foto: Handout Kemlu RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi merespons keputusan empat negara Arab melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Retno menegaskan bahwa Indonesia sama sekali tidak punya rencana untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

“Mencermati sejumlah pemberitaan yang mengatakan bahwa Indonesia akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel, dan sebagai tidak lanjut arahan Bapak Presiden kepada Menteri Luar Negeri, saya sampaikan hingga saat ini tidak ada niat Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” kata Retno dalam taklimat pers dari Jakarta, Rabu (16/12).

Selain tidak adanya rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, Menlu Retno juga kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

"Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara (two-state solution) dan parameter internasional lain yang telah disepakati, secara konsisten akan tetap dijalankan," ujar dia.

Pemerintah Indonesia telah lama menyatakan dukungan tegas terhadap hak berdaulat Palestina, di tengah konflik panjang dengan Israel.

Pembelaan tersebut juga menjadi salah satu agenda Indonesia dalam kepemimpinan sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Di luar dukungan dari segi politis, Indonesia juga memberikan bantuan keuangan dan program pembangunan kapasitas sebagai bentuk solidaritas kepada Palestina.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi merespons keputusan empat negara Arab melakukan normalisasi hubungan dengan Israel

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News