4 Olahan Ikan Laut Kaya Rempah Ini Bisa jadi Sajian Sehat Berbuka Puasa

4 Olahan Ikan Laut Kaya Rempah Ini Bisa jadi Sajian Sehat Berbuka Puasa
Masakan olahan ikan. Foto mesya/JPNN.com

jpnn.com - Konsumsi ikan laut kaya rempah bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat.

Ikan laut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam lemak esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida, hingga asam amino antara lain asam amino glutamat dan asam amino glutamin.

Secara alami, asam glutamat ditemukan dalam 10-25% dari semua protein dalam makanan.

Monosodium glutamat alami bisa ditemukan di hampir semua bahan dasar makanan, terutama makanan berprotein tinggi seperti keju, daging, ikan, seafood bahkan jamur dan beberapa sayuran seperti tomat dan rumput laut.

“Glutamat dan Glutamin ibarat saudara karena dalam tubuh Glutamat langsung dapat diubah menjadi Glutamin dan asam amino lainnya yang dibutuhkan. Selain itu sebagai asam Glutamat jumlahnya dominan yaitu lebih dari 60 % dalam tubuh manusia dan juga di dalam otak manusia," ujar Endang S. Sunaryo, Pengamat Gizi dan Pangan.

Ikan laut juga berperan penting menjaga stamina dan kesehatan jantung lewat kandungan gabungan mineral Seng (Zn) dan Selenium (Se) dengan vitamin A, C, dan E yang dikenal sebagai sistem antioksidan sinergis.

Nutrisi bioaktif peptida yang terkandung pada ikan laut di antaranya Inosinat Mono Posfat (IMP) dan Guanilat Mono Posfat (GMP), yang membuat ikan laut terasa gurih dan menggugah selera.

Bila dipadukan dengan bumbu rempah-rempah, tentu akan semakin bermanfaat bagi kesehatan.

Ikan laut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam lemak esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News