4 Penyebab Bau Mulut tak Sedap dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Bau Mulut tak Sedap dan Cara Mengatasinya
Bau mulut. Foto: Istock

jpnn.com - Bau mulut tak sedap, dalam istilah medisnya disebut halitosis, bisa jadi sangat mengganggu dan memalukan. Kondisi ini pasti membuat orang-orang di sekitar Anda jadi tidak nyaman. Untuk itu, Anda perlu memahami serba-serbi bau mulut tak sedap atau halitosis.

Halitosis atau bau mulut tidak sedap disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dalam mulut. Akibatnya, saat membuka mulut atau membuang napas lewat mulut, keluarlah aroma yang tidak sedap.

Siapa yang bisa terkena halitosis?

Bau mulut tak sedap atau halitosis adalah masalah yang umum ditemui. Siapa saja bisa memiliki bau mulut tidak sedap. Bahkan survei menunjukkan bahwa 25% penduduk dunia mengalami masalah bau mulut tak sedap. Ini berarti pada setiap empat orang, salah satunya memiliki bau mulut tidak sedap.

Namun, kadang mereka yang memiliki bau mulut tidak sedap justru tak menyadari permasalahan mereka. Orang-orang pun cenderung segan untuk memberi tahu Anda jika Anda memiliki masalah bau mulut tak sedap. Jadi, sangat penting untuk memeriksa aroma napas Anda sendiri secara rutin untuk menghindari halitosis.

Caranya adalah dengan menjilat sisi dalam pergelangan tangan Anda. Tunggu sesaat sampai agak kering, kemudian cium aroma air liur Anda tersebut. Apabila Anda merasakan bau yang kurang sedap, itu berarti bau mulut Anda bermasalah. Cara lain adalah dengan langsung menanyakan pada dokter gigi atau orang-orang terdekat Anda.

Apa penyebab bau mulut tak sedap?

Ada banyak hal yang bisa memicu atau memperparah bau mulut kurang sedap. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, perhatikan hal-hal berikut ini.

Jadi, sangat penting untuk memeriksa aroma napas Anda sendiri secara rutin untuk menghindari halitosis.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News